Fadhilah atau Keutamaan Surat Al-Waqiah [56]

fadillah+keutamaan+surat+alwaqiah


Kali ini saya akan menjelaskan tentang Fadhilah dan Keutamaan Surat Al Waqiah yang merupakan surat ke 56 dalam Al-Qur'an dan termasuk pada Surat Makkiyah atau surat yang diturunkan di kota Makkah sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Surat Al Waqiah terdiri dari 96 yang menerangkan tentang hari kiamat, balasan bagi orang kafir dan orang mukmin. Ternyata surat Al Waqiah memiliki fadillah atau keutamaan untuk kekayaan yang melimpah dan rezeki yang datang secara kilat atau cepat.

Berikut Khasiat mengamalkan Surat Al Waqiah untuk Rezeki dan Kekayaan :
1. Rasulullah SAW bersabda : Ajarkan lah surat Al Waqiah kepada isteri-isteri mu. Karena sesungguhnya Surat Al Waqiah adalah surat kekayaan. (dari Hadis riwayat Ibnu Ady)

2. Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa yang membaca surat Al Waqiah setiap hari nya. Maka dia tidak akan di timpa dengan kefakiran.
3. Rasulullah SAW bersabda : Bagi siapa membaca surat Al Waqiah setiap malam harinya. Maka dia tidak akan tertimpa kemiskinan dan kesusahan selamanya. Karena surat Al Waqiah merupakan surah kekayaan, maka bacalah ia ajarkanlah kepada anak-anakmu semua.




4. Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa yang membaca surat Al waqiah setiap malam hari. Maka dia tidak akan di timpa kemiskinan dan kesusahan selama-lamanya. (yang diriwayatkan oleh Baihaqi dari Ibnu Mas'ud r.a)
5. Ubay bin Ka'b berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : Bagi siapa membaca surat Al Waqiah. Maka dia dicatat tidak tergolong pada orang2 yang lalai. (Tafsir Nur Ats Tsaqalayn 5/203)
6. Imam Ja'far Ash Shadiq s.a berkata : Bagi siapa rajin membaca Al Waqiah saat malam jumat, dia akan di cintai oleh Allah, di cintai oleh manusia, serta tidak melihat kefakiran, kesengsaraan, kebutuhan, serta penyakit dunia. Surat ini merupakan bagian dari sahabat Amirul Mukimin sa yang bagi beliau mempunyai keistimewaan yang tidak tertandingan oleh lain. (Tafsir Nur Ats- Tsaqalayn 5/203)
7. Imam Baihaqi meriwayatkan dari Ibnu Mas'ud berkata : Aku dengar Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa membaca surat Al Waqiah setiap malam hari. Maka dia tidak akan tertimpa kemiskinan.
8. Abdullah bin Mas'ud berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : Bagi siapa membaca surat Al Waqiah. Maka dia tidak akan tertimpa kefakiran selama nya. (dari Tafsir Nur Ats Tsaqalayn 5/203)
9. Imam Ja'far Ash Shadiq sa berkata : Barang siapa merindukan surga dan sifat-sifatnya. Maka bacalah surat Al Waqi'ah ini, dan bagi siapa ingin melihat sifat-sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah. (Tsawabul A'mal halaman 117)
10. Imam Muhammad Al Baqir sa berkata : Bagi siapa membaca surat Al Waqiah hendak ingin tidur. Dia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajah nya seperti bulan purnama. (Tsawabul A'mal pada halaman 117)
11. Apabila kekal membaca surat Al Waqiah pada malam hari. Maka mereka akan dijauhkan dari kemiskinan.
12. Apabila dibaca surat Al Waqiah minimal sebanyak 14 setelah shalat Ashar secara rutin. Maka mereka akan memperoleh kekayaan yang melimpah.
13. Apabila dibaca Al Waqiah minimal sebanyak 40 kali pada setiap malam hari selama 40 hari berturut-turut maka niscaya rezeki akan mengalir deras.

Selain Fadillah atau Keutamaan Surat Al-Waqiah jangan lupa amalkan juga ibadah-ibadah yang lain yah.
Ya Allah ya Rabb.. perbanyaklah rezeki kami dan berikanlah berkah disetiap rezekinya, Aamiin Ya Robbal'alamin..

Like and share yaaahh...

0 Response to "Fadhilah atau Keutamaan Surat Al-Waqiah [56]"